Skip to content

Nilai Talenta Dalam Rupiah

August 5, 2010

Yesus pernah menceritakan perumpamaan tentang talenta, dimana ada seorang kaya hendak berpergian lalu memanggil 3 orang pelayannya lalu memodali mereka: 5 talenta, 3 talenta, dan 1 talenta sesuai dengan kemampuan mereka. Dari ketiga pelayan itu hanya 1 yang tidak menghasilkan buah dari talenta yang ia miliki. Sayang sekali. Tuannya pun marah lalu pelayan itu dihukum
Matius 25:14:30

Saya yakin pembaca cukup familiar dengan perumpamaan ini. Mungkin beberapa sudah membacanya atau mendengarnya berkali-kali. Ya, pada umumnya perumpamaan ini disampaikan oleh sesepuh untuk memotivasi anak-anak muda.

Kali ini saya ingin mengupas sesuatu yang sedikit berbeda tentang talenta. Setiap kita pasti tahu kalau kita memiliki minimal satu talenta. Talenta tersebut sering diibaratkan sebagai bakat, misalnya menyanyi, menari, bermain musik, melawak, berhitung, olahraga, menulis, atau apapun itu yang sering dianggap sebagai kelebihan. Adalah sebuah berkat bagi kita untuk memliki talenta karena talenta tersebut adalah modal kita untuk menjadi mandiri dikemudian hari. Namun, masih banyak diantara kita kurang menghargai talenta yang kita miliki masing-masing.
Beberaoa kali saya bertemu dengan orang yang memiliki kelebihan misalnya menulis atau menyanyi, Ketika saya katakan “Hey, suaramu bagus” atau “Hey lukisanmu bagus”, respon mereka biasa-biasa saja dan sayangnya bakat yang mereka miliki itu mereka biarkan saja begitu saja. Padahal suara yang indah bisa menghibur begitu banyak orang atau bagaimana lukisan dapat menginspirasi orang lain.

Pembaca, tahukah anda seberapa dahsyatkah satu talenta yang anda miliki itu?
dari hasil riset sana-sini bersama Google, saya menemukan sebuah kalkulasi yang cukup menarik.

1 talenta = berat 1 orang = +/- 50 kg.
Alkiktab tidak mencatat talenta yang dimaksud itu apa, mungkin besi, perak, tembaga, emas, perunggu, atau bahkan berlian. Tetapi kita asumsikan saja kalau yang dimaksud adalah emas, karena emas telah menjadi suatu alat tukar selain uang sejak lama.
1 talenta emas = 50 kg emas
1 Kg emas = USD 39191.76.
1 USD = +/- Rp 9200
maka:
1 talenta = 50 kg emas x USD 39.191’76 x Rp9200
sehingga:
1 talenta emas = Rp (baca: 18 miliar 28 juta dua ratus sembilan ribu enam ratus rupiah)

WOW!! Nilainya fantastis. Sangat menakjubkan.
Bayangkan satu talenta yang anda miliki senilai Rp18.028.209.600.

Apa yang akan anda lakukan dengan uang sebanyak itu?
kalau saya pasti kuliah di Harvard atau MIT sebagai kampus idaman saya, lalu membangun rumah yang besar dengan fasilitas home theater, perpustakaan, jacuzzi, kolam renang pribadi, dengan super canggih dapur. Oya, saya juga pasti akan membeli BMW dan Mazda seri terbaru. Sisanya saya tabung

Pembaca, apa yang saya ingin utarakan disini bukan masalah nominal uang yang anda miliki, tetapi sebuah insight yang baru mengenai nilai potensi yang anda miliki dalam diri anda. Untuk mengubah semua potensi itu menjadi uang mentah dibutuhkan usaha. Tidak ada kesuksesan tanpa jerih payah.
Apabila anda merasa diri anda tidak beharga, berhentilah berfikir seperti itu sekarang juga. Potensi yang Tuhan taruh dalam diri anda sangat mahal harganya. Adalah tugas kita masing-masing untuk menggali potensi itu.

Seperti halnya emas, ia berada didalam tambang.
Seorang tukang mas harus mendapatkan emansnya dengan menggali tambang tersebut dengan cucuran keringat. Mungkin saat ia menggali, ia menemukan batu. Tetapi ia terus menggalinya sampai ia menemukan emas tersebut.
Tapi emas yang ditemukan dalam bongkahan tidak seindah apa yang kita temukan dipasar. Bentuknya masih sangat jelek. Agar emas itu menjadi indah, ia harus murnikan dengan ditempa: dibakar dan dipukuli sampai tukang mas itu melihat bayangannya terpantul di emas yang ia tempa itu.

Mungkin penjabaran yang saya berikan memberikan suatu kesan yang indah namun menyedihkan, tetapi itulah hidup. Apabila anda ingin mengejar kesuksesan, berusahalah sekeras mungkin. Satu hal yang sangat menghibur adalah segala perkara dapat kita tanggung dalam Yesus yang memberikan kita kekuatan.

Jangan pernah takut dan putus asa dalam “mencairkan” emas yang anda miliki itu. Walau membutuhkan usaha yang ekstra, ingatlah kalau Tuhan akan memberikan kita kekuatan. Intinya adalah, mulai kenali dan hargai talenta yang anda miliki lalu kerjakan yang terbaik sesuai dengan talenta anda.

Selamat menggali emas :D
xoxo

Blogged with the Flock Browser
About these ads
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: